Senin, 22 Juli 2013

Mengenal fungsi Waktu pada Excel

Selain Fungsi Tanggal, Excel juga menyediakan beragam fungsi untuk menghitung waktu atau jam. Beberapa Fungsi Waktu yang umum digunakan berikut aturan penulisannya dapat dilihat pada tabel berikut ini.
Cara menggunakan fungsi waktu tersebut sama saja dengan fungsi tanggal yang telah dibahas sebelumnya, hanya saja yang berbeda adalah satuannya. Jika fungsi tanggal menggunakan 3 satuan utama YEARMONTH; dan DAY, maka fungsi waktu menggunakan 3 satuan utama HOURMINUTE; dan SECOND.
Kemudian jika Anda akan menghitung total waktu, baik dalam bentuk jam, menit, ataupun detik maka total waktu yang didapat dari hasil perhitungan harus dikalikan dengan bilangan yang sesuai dengan satuannya. Aturannya bilangan pengali ini adalah sebagai berikut:
  • Jam: 24
  • Menit: 1440
  • Detik: 86400
Agar lebih jelas, perhatikan contoh tabel berikut ini.
Yang ditanyakan dari tabel tersebut adalah Total JamTotal Menit, serta Total Detik. Untuk menghitungnya sangatlah mudah. Anda tinggal mengurangi data Jam Keluar pada sel C3 dengan data Jam Masuk pada sel B3 dan kemudian mengalikannya denan bilangan yang sesuai.
Misalnya untuk menghitung Total Jam, maka formulanya sebagai berikut:
C5=(C3-B3)*24
Kemudian untuk menghitung Total Menit Anda tinggal mengganti bilangan pengalinya dengan 1440 dan untuk menghitung Total Detik maka bilangan pengali yang digunakan adalah 86400. Berikut ini formula akhirnya.
C6=(C3-B3)*1440
C7=(C3-B3)*86400
Sama halnya dengan fungsi penanggalan ini, perhatikan selalu format sel yang digunakan. Hasil yang diharapkan akan meleset jika format sel yang Anda gunakan tidak sesuai.

0 komentar:

Posting Komentar